Menjelang Bulan Puasa Kondisi Tubuh Senantias Sehat, Berikut Tipsnya!

oleh -168 Dilihat

gapurapriangan.com – Menjelang bulan puasa, seluruh umat Muslim menyambut dengan perasaan bahagia, karena pada kesempatan itu merupakan bulan perbaikan diri kepada Allah SWT, peingkatan kadar keimanan seseorang akan terlihat dimana bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan.

Kondisi tubuh yang selama ini melakukan proses pengolahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, pada bulan puasa pun mengajarkan kondisi tubuh agar dapat memulihkan kembali unsur metabolisme tubuh, asupan makanan yang biasa dikonsumi akan sejenak rehat dalam fase kondisi ketenangan, agar dalam berpuasa kondisi tubuh tetap sehat berikut tipsnya yang diambil dari beberapa sumber.

Makan Secukupnya

Selama bulan puasa, tubuh kita pasti beradaptasi dengan pola makan, istirahat, dan olahraga yang mengalami perubahan. Pasalnya selama 12 jam menjalankan puasa Ramadan, jam makan berubah menjadi sahur dan berbuka. Untuk itu, kita juga harus memperhatikan asupan makanan agar tidak menimbulkan perasaan tidak nyaman selama berpuasa 12 jam.

Cara menjaga kesehatan selama bulan puasa terbaik yang bisa diterapkan yaitu dengan makan secara bertahap, dimulai dari minum segelas air putih dan sedikit makanan ringan. Setelah 15 menit, baru makan nasi, sayuran dan lauk-pauk sesuai porsi normal. Akan lebih baik, bila menu yang dihidangkan adalah menu makanan sehat dan bergizi seimbang.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Berpuasa selama 12 jam membuat tubuh kekurangan cairan dan rentan dehidrasi. Sehingga menyebabkan mudah lelah dan mengantuk. Pastikan untuk minum air putih sebanyak mungkin di waktu berbuka dan sahur sebagai salah satu cara menjaga kesehatan selama bulan puasa. Ini menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko dehidrasi selama puasa dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Cobalah untuk minum air delapan gelas setiap hari sebelum fajar dan setelah berbuka puasa. Jika kamu tidak terbiasa minum air putih dalam ukuran banyak, bisa menyiasatinya dengan minum segelas 3 gelas air putih diwaktu sahur, 3 gelas saat waktu berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur malam hari.

Selama berpuasa juga harus mengurangi minuman yang berkafein seperti kopi, teh, dan soda. Minuman tersebut dapat memiliki efek diuretik yang menyebabkan lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh lebih cepat hilang.

Tetap Melakukan Aktivitas 

Menjaga kesehatan saat puasa memang tidak mudah, terutama jika belum terbiasa. Tidak heran jika diawal puasa tubuh akan mengalami adaptasi, salah satunya dengan merasa lelah, mengantuk, dan lapar sepanjang hari. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan selama bulan puasa yang bisa dilakukan yaitu dengan tetap beraktivitas sebagai pengalih perhatian, dan membiasakan tubuh agar tetap bergerak.

Namun, perlu diingat juga bahwa aktivitas yang dilakukan bukanlah kegiatan yang menguras tenaga, seperti mengangkat beban yang berat, atau lari karena itu justru akan semakin membuang tenaga dan membuat cepat lelah. Usahakan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi, bersepeda, atau yoga. Bisa memanfaatkan 30-45 menit waktu sebelum berbuka puasa untuk sedikit berolahraga.

Waktu Istirahat yang Cukup

Selain pola makan dan olahraga yang mengalami sedikit perubahan selama bulan Ramadan, waktu istirahat kita pun sedikit mengalami penyesuaian. Walau harus terbangun tengah malam untuk sahur pastikan selama berpuasa untuk tetap memenuhi kebutuhan jam tidur 6-8 jam saat malam hari. Cara menjaga kesehatan selama bulan puasa adalah dengan memaksimalkan waktu tidur.

Konsumsi Suplemen Tambahan

Orang yang berpuasa cenderung mengalami kekurangan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Selain makanan bergizi dan olahraga ringan, salah satu cara menjaga kesehatan selama bulan puasa adalah bisa dengan mempertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin tambahan agar tetap sehat selama berpuasa.

Penerapan pola yang baik  dapat memberikan kondisi tetap sehat dan fit meskipun dalam kondisi badan sedanng berpuasa. Karena pada dasarnya dengan berpuasa akan memberikan kesehatan lebih pada diri, kondisi yang bugar akan memberikan kenikmatan tersendiri ketika beribadah. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.