Manfaatkan Liburan Panjang Bersama Keluarga, Tips Aman Liburan Saat Lebaran

oleh -29 Dilihat

gapurapriangan.com – Adanya kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mudik dan berjumpa dengan sanak keluarga, merupakan saat yang dinanti masyarakat setelah dua tahun berturut adanya larangan untuk bermudik. Namun untuk tahun ini kebijakan yang ditetapkan pemerintah dapat dimanfaatkan sepenuhnya.

Memanfaatkan liburan panjang bersama keluarga sangat dinantikan, berikut tips aman liburan saat lebaran diambil dari beberapa literasi.

Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan
Tips paling utama yang harus Anda lakukan adalah tetap disiplin mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan.

Selalu pakai masker apabila Anda beraktifitas di luar rumah atau sedang mengunjungi destinasi wisata. Sebaiknya pakai masker rangkap atau gantilah masker setiap empat jam sekali. Lalu, jangan lupa untuk rajin mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun.

Apabila Anda kesulitan menemukan fasilitas tersebut, selalu bawa hand sanitizer untuk berjaga-jaga. Meski tak sebaik air mengalir dan sabun, hand sanitizer cukup efektif untuk membunuh kuman, virus, dan bakteri yang terdapat pada tangan.

Pilih Destinasi Wisata Ruang Terbuka
Hendak berkunjung ke salah satu destinasi wisata menarik di kota tujuan? Tidak masalah asalkan Anda tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Lebih baik lagi kalau Anda memilih destinasi wisata terbuka dibandingkan dengan ruang tertutup.

Sebab, mereka berpendapat bahwa ruang terbuka jauh lebih aman dari risiko penularan virus dibandingkan dengan ruang tertutup. Jadi, Anda bisa menuju ke pantai, gunung, atau destinasi wisata alam lain saat berlibur.

Beli Tiket Masuk Secara Online
Beberapa destinasi wisata memberlakukan adanya tiket masuk untuk semua pengunjung. Guna mencegah terjadinya antrean yang panjang ketika musim liburan yang berujung pada terbentuknya kerumunan, sebaiknya Anda melakukan pembelian tiket secara online.

Selain melalui laman media media sosial atau situs resmi destinasi wisata, Anda dapat memesan tiket destinasi atau atraksi melalui aplikasi. Jadi, Anda tidak perlu harus mengantre dan bisa langsung menikmati berbagai hiburan yang ditawarkan.

Bawa Perlengkapan Sendiri
Sebagai salah satu upaya untuk membantu menekan angka penularan virus corona selama pandemi, pemerintah menganjurkan Anda untuk membawa perlengkapan sendiri.

Baik itu perlengkapan makan seperti sendok dan garpu, botol air mineral, maupun perlengkapan ibadah. Bahkan, beberapa pihak penanggung jawab destinasi wisata kini tidak lagi menyiapkan peralatan ibadah yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan tisu kering maupun basah. Apabila Anda tidak membawa botol minum sendiri, belilah air mineral sekali pakai.

Pilih Destinasi dengan Zona Hijau
Ini memang cukup sulit dilakukan, terlebih dengan tingginya antusiasme masyarakat menyambut momen libur lebaran. Sudah bisa dipastikan, hampir semua destinasi wisata akan padat oleh pengunjung, terlebih untuk destinasi yang bisa dibilang populer.

Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah destinasi tujuan Anda masuk dalam zona merah, oranye, atau hijau. Apabila masuk dalam zona merah maupun oranye, sebaiknya tunda kunjungan Anda dan ganti di waktu lainnya. Anda bisa mengecek penuh atau tidaknya destinasi wisata atau sentra hiburan melalui aplikasi PeduliLindungi.

Apabila Anda bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, pilih moda transportasi yang tepat untuk mengantar Anda ke bandara tepat waktu tanpa terlambat. Pilihan terbaiknya adalah kereta api bandara. Jadwalnya sangat beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan waktu keberangkatan penerbangan. (**)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.