Kebijakan Untuk Dapat Bermudik Disambut Gembira Masyarakat, Berikut Tips Bermudik Yang Aman Selepas Pandemi

oleh -42 Dilihat

gapurapriangan.com – Kebijakan pemerintah mengenai kesempatan untuk dapat pulang kembali ke tempat tinggal dari perantauan yang dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Untuk tahun ini disambut gembira oleh masyarakat di berbagai daerah.

Setelah dua tahun dilarang, akhirnya tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat yang hendak mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Namun, karena masih di situasi pandemi, pemerintah memberikan sederet syarat mudik yang harus ditaati. Selain dengan manaati persyaratan.

Berikut rangkuman Tips Mudik Aman Saat Pandemi:

Lengkapi Vaksinasi Covid-19 Vaksin Covid-19

Salah satu syarat mudik 2022 yang harus ditaati. Pemudik diharuskan untuk melengkapi vaksin lengkap dan booster. Sebaiknya lakukan vaksinasi jauh-jauh hari sebelum mudik.

Peserta mudik yang sudah mendapatkan vaksin booster, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid antigen. Peserta mudik yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen yang sampelnya diambil dalam waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Peserta mudik yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Pilih Moda Transportasi Terbaik

Pemilihan moda transportasi yang nyaman dan tepat. Dalam memilih moda transportasi, Anda bisa memperhatikan jarak tempuh ke kampung halaman. Jika jarak tempuhnya jauh atau berada di luar pulau, lebih baik jika memilih moda transpotasi pesawat terbang karena lebih cepat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik.

Cek Kondisi Kendaraan

Apabila Anda mudik menggunakan mobil pribadi, maka pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Hal ini diperlukan agar Anda dan keluarga aman selama perjalanan mudik ke kampung halaman.

Terapkan Protokol Kesehatan

Pastikan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Jangan lupa kenakan masker sesuai standar, menjaga jarak, hindari kerumuman, rutin cuci tangan, bawa hand sanitizer, dan ketentuan lain yang berguna untuk mencegah penularan Covid-19 selama perjalanan mudik.

Istirahat sebelum Berangkat Sebelum berangkat mudik

Pastikan mencukupi kebutuhan istirahat. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama mudik. Pasalnya, mudik memerlukan waktu yang tidak sebentar sehingga kondisi tubuh harus fit agar perjalanan tidak terhambat dan Anda tidak mudah lebih lelah.

Membawa Barang Secukupnya

Barang yang dibawa saat mudik sebaiknya tidak berlebihan. Bawalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak repot selama perjalanan, terlebih jika Anda mudik menggunakan moda transpotasi umum

Bawa Perlengkapan Kesehatan

Membawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan pribadi dan perlengkapan P3K. Perlengkapan kesehatan diperlukan jika tiba-tiba terjadi hal yang menggangu kesehatan tubuh. Dengan membawa perlengkapan kesehatan, maka Anda bisa melakukan pertolongan pertama kepada diri sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.