Bersikap Tenang dan Bijak Dalam Sebuah Wawancara Kerja, Berikut Tipsnya!

oleh -78 Dilihat

gapurapriangan.com – Pernahkah kita mengalami yang namanya grogi, minder, pesimis dalam sebuah wawancara ketika melamar pekerjaan. Perlu diyakini bahwa kita mesti fokus dan tetap tenang disetiap sesi pertanyaan yang di lontarkan pewawancara.

Pada dasarnya orang akan melihat terlebih dahulu kepribadian seseorang, apalagi seorang HRD di sebuah perusahaan senantiasa lebih jeli dalam menilai karakter si pelamar. Makanya modal kepribadian yang baiklah mesti kita tinjau kembali.

Berdasarkan laporan A.Sterview TopInterview dan platform pencarian kerja Resume-Library, kepribadian pelamar kerja mempengaruhi 70 persen penilaian perusahaan, bersamaan dengan keterampilan dan pengalaman. Sementara pendidikan hanya mempengaruhi 18 persen.

Menurut artikel lansiran CNBC Make It, ciri-ciri kepribadian yang paling tidak diinginkan dari seorang kandidat karyawan adalah arogansi, ketidakjujuran, kurangnya keandalan, dan pikiran sempit.

Tips interview secara langsung

Adapun berikut ini adalah tips-tips interview sederhana yang perlu kita ingat dan latih di rumah. Bayangkan Anda sedang menghadapi pewawancara dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dilemparkan.

  1. Ceritakan kemampuan Anda dengan antusias dan percaya diri.
  2. Hindari penjelasan berbelit-belit saat memberi jawaban panjang
  3. Tunjukkan bahwa Anda mampu bekerja dalam tim
  4. Jangan memikirkan jawaban terlalu lama
  5. Jawab dengan diplomatis, tapi tidak muluk-muluk-m
  6. Jangan membongkar aib perusahaan sebelumnya (jika pernah bekerja di tempat lain)

Tips interview secara online

Disamping  itu wawancara pun terkadang tidak dapat tatap muka secara langsung. Demi kepraktisan dan efisiensi waktu, perusahaan kerap mengadakan interview online lewat panggilan telepon atau video call.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat interview online

  1. Pastikan laptopatau perlengkapan gadget yang digunakan berfungsi dengan baik untuk menghindari kesan tidak profesional.
  2. Pandang langsung pewawancara, bukan gambar Anda di layar
  3. Tetap berpenampilan sopan dan resmi, meskipun Anda tidak berhadapan langsung dengan pewawancara

Demikian tips saat menghadapi wawancara kerja, semoga bemanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.