Kopi Hitam Bersama Kades Neglasari Dalam Pemetaan Pemuda

oleh -259 Dilihat

gapurapriangan.com – Silaturami para pemuda RW 03 Tanjaknangsi bersama Kades Neglasari melalui suguhan KOPI HITAM (Komunikasi Penuh Inspirasi Hidup Tanpa Menyerah) membahas pemetaan peran pemuda yang mampu aktif dalam kemajuan bersama, Sabtu (19/3/2022)

Pemuda berperan penting dalam kemajuan suatu wilayah, sehingga mau tidak mau harus ikut andil dalam memberikan perubahan yang lebih baik, semangat giroh yang tinggi dan tenaga yang masih fit merupakan modal yang sangat penting.

Ketua karang taruna RW 03 Tanjaknangsi mengatakan, “pemuda di wilayah Tanjaknangsi cukup banyak dan berpotensi dalam memberikan perubahan untuk desa namun mereka perlu diarahkan dan dibimbing  mencari jati dirinya supaya lebih mandiri sehingga mereka bisa lebih bermanfaat bagi yang lainnya,”katanya.

Keikutsertaan peran pemuda harus bisa ikut andil dalam memberikan perubahan yang nyata dengan melibatkan langsung dalam setiap kegiatan masyarakat mulai di tingkat RT, RW, Desa dan yang lainnya, supaya bisa hidup bersosial dan mandiri.

Dapat kita lihat di era melenial ini begitu banyak pemuda-pemudi yang tidak mau bersosial dengan yang lain karena mereka sibuk akan kesenangan dirinya sendiri dan itu dapat kita lihat dengan jelas budaya kebersamaan mulai terkikis, maka perlu juga penyadaran dan bimbingan untuk mereka, “makanya saya turun langsung membuat karang taruna supaya pemuda-pemudi terwadahi dan juga aktif,”sambungnya.

Dengan adanya perkumpulan pemuda- pemudi ini akan meningkatkan kesolidan suatu wilayah dan akan menemukan sebuah harapan kemajuan masyarakat pedesaan ke depannya, kemudian adanya kube-kube disetiap RT dan diberikan modal supaya ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat bisa berkembang lebih maju serta menguragi masalah kemiskinan di masyarakat, nah pemuda bisa ikut andil disana mengolah modal yang sudah diberikan oleh desa sesuai dengan kebutuhan minat dan bakat para pemuda-pemudi RTnya, pastilah ada yang suka bertani, berdagang, perikanan, peternakan dan keahlian yang lain, nah ini perlu dibantu dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi masyarakat.

“Mudah-mudahan diwaktu yang dekat ini kita bisa merelisasikan Desa Wisata yang berada di wilayah Tanjaknangsi sehingga mampu membantu dan mendorong ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesejahtraannya, kemudian saya harap disetiap kube itu dibuat Kemenkumham supaya kita juga lebih kuat untuk pengajuan kebutuhan masyarakat ke depannya apalagi desa kita itu begitu banyak potensinya,” ujar Sobirin selaku Kades.

Hal yang sama di tambahkan Sekdes, “sebenarnya kita sudah merencanakan pelatihan untuk para pemuda sesuai Musdes namun ada kebijakan dari pemerintah bahwasanya Anggaran Dana Desa (ADD) 40 % dialokasikan untuk bansos masyarakat sehingga kita juga mencari inisiatif yang lain supaya pemuda itu bisa terakomodir dan terarahkan sehingga mereka tidak menganggur atau rebahan dikamar.

Minimal pemuda+pemudi tiap harinya ada kegiatan yang produktif dan bermanfaat untuk dirinya dan orang lain, bisa dalam pertanian atau perikanan yaa kalo ada yang mau dilatih dalam hal kerajinan ayo soalnya di desa kita ada sebagian wilayah yang menekuni kerajinan dan itu juga lumayan untuk peningkatan ekonomi masyarakat malah satu batang bambu yang harganya Rp. 5.000 kalo dibuat kerajinan itu bisa mencapai 500.000 malah bisa lebih dari itu, makanya ini juga menjadi peluang bagi pera pemuda-pemudi disini, mari bergerak dan berkarya”, tambah Sekdes Enut. (Fauzi/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.