Solid!Kerjasama PPK & PPS Gelar Bimtek KPPS di Desa Rancapaku

oleh -125 Dilihat
Kegiatan Bimtek KPPS di Desa Rancapaku, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya

gapurapriangan.com – Memasuki persiapan pesta demokrasi tahun 2024, seluruh panitia pelaksana kegiatan menjalin kerjasama agar tercipta pemilu yang damai dan lancar. Seperti halnya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Padakembang bekerjasama dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Rancapaku menggelar kegiatan Bimbingan dan Teknis (Bimtek) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Bertempat di Aula Desa Rancapaku, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at (26/01/2024) peserta bimtek mengikuti kegiatan tersebut secara antusias. Hal ini tak lain sebagai modal awal persiapan kegiatan pemilihan umum (pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Rini Apriani selaku ketua PPK Kec.Padakembang menyampaikan pada awak media, kegiatan bimtek ini merupakan kegiatan terakhir pembekalan materi dari serangkaian Desa di 5 titik.

” Pada saat ini kita selaku PPK memberikan materi kepada KPPS yang dilantik kemarin, adapun kegiatan bimtek dari 756 KPPS yang tersebar di 5 Desa, nah kebetulan Desa Rancapaku merupakan titik terakhir, yang mana sebelumnya di sesi ke-1 kita gelar di 2 Desa yakni Desa Mekarjaya, dan Desa Padakembang, kemudian sesi ke-2 yakni Desa Cilampung dan Desa Cisaruni. Dan ini titik terakhir di Desa Rancapaku, ” ujarnya.

Rini pun menjelaskan adanya kegiatan bimtek sebagai pemantapan materi dalam persiapan pelaksanaan pemilu mendatang.

” Adanya pemantapan materi terkait tugas, wewenang, dan tanggung jawab sebagai anggota KPPS 1 s.d 7, gambaran nya seumpama ada saksi, saksi seperti apa, seumpama ada kesalahan pun seperti apa, harapannya pemilu nanti kita bisa sukses, dengan persiapan alat-alat logistik yang dapat memudahkan, ini pun sesuai instruksi KPU RI, kita bercermin dari pemilu 2019 yang mana banyak menelan korban, mudah-mudahan pada pemilu tahun ini dapat berjalan dengan lancar, apalagi seleksi KPPS disertai Surat Keterangan Kesehatan, sehingga menerangkan bahwa anggota tersebut benar-benar sehat,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Asep Ridwan, ketua PPS Desa Rancapaku memberikan apresiasi kepada KPPS yang dilantik kemarin atas kehadirannya dalam mengikuti kegiatan bimbingan dan teknis secara keseluruhan.

” Kegiatan ini adalah bimbingan teknis KPPS yang kemarin baru dilantik untuk memaksimalkan kinerja KPPS ke depannya. Jadi diadakan bimtek seperti ini agar lebih matang dalam persiapan, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya yang melibatkan ketuanya saja, kalau sekarang seluruhnya sehingga dalam bekerja nanti di lapangan bisa secara maksimal, ” tuturnya.

Dari 27 TPS dengan per TPS 7 orang, Asep sebelumnya mewajibkan agar seluruh anggota KPPS dapat hadir mengikuti kegiatan bimtek, dengan harapan dapat bekerjasama yang solid dan meminimalisir kesalahan yang mungkin dapat terjadi. (Y.W)