Nekat Mencuri Uang Tetangga, Arul Lebih Suka Menginap di Kantor Polisi

oleh -10 Dilihat

gapurapriangan.com – Anak pasangan Oom Komalasari (35) dan Dindin Majpudin (38) tersebut kini dapat merajut mimpi. Arul Miftahul Huda (13), pemeran utama Film “Arul Hadiah Terbaik” saat ini duduk di bangku SMP dan tinggal di pondok pesantren.

Film ini sendiri diambil dari inspirasi kisah nyata mengenai seorang bocah yang hendak mencuri uang tetangganya. Pemeran utama Arul berusia 12 tahun kala itu dikisahkan hidup dengan kesulitan ekonomi di sebuah kampung yang ibunya memiliki 5 anak masih kecil.

Anak itu kebingungan saat diminta gurunya wajib mengikuti pelajaran jarak jauh (PJJ) memakai ponsel saat pandemi Covid-19. Arul terpergok mencuri uang tetangganya untuk beli ponsel dan diarak, disiksa, dipukuli diusir warga, sampai dibawa ke kantor polisi.

Polisi memberikan keringanan restoratif justice karena kasusnya tak begitu berat, masih usia anak-anak dan bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Karena warga di kampung halamannya tetap mengusir dirinya, Arul tak mau pulang dan memilih tinggal dan menginap di Polres Tasikmalaya.

Anak itu pun diangkat anak asuh Polres Tasikmalaya dan menunjukkan perubahan sikap lebih baik. Sampai akhirnya disekolahkan ke SMP di sebuah pesantren oleh Polres Tasikmalaya dan bercita-cita ingin jadi polisi.

Anak itu mengaku betah dan nyaman tinggal di kantor polisi karena merasa terjaga dan mendapatkan kesempatan lagi untuk pendidikan supaya bisa mengejar cita-citanya tanpa hambatan ekonomi.

Sedangkan orang tua dan empat saudaranya tinggal di rumahnya, di Kampung Warung Peuteuy Desa Margalaksana Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono dan Kepala KPAID Tasikmalaya Ato Rinanto Sempat kunjungi rumah orang tua Arul, Selasa (24/5/2022). Rumah panggung khas alam pedesaan tersebut, cikal bakal Arul sejak kecil.

Perubahan Arul kini menjadi kebanggaan penduduk sekitar, ” Ia selalu menjabat tangan setiap orang di kampungnya dengan sangat sopan,” ungkap RT Endang. (Red/Gian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.