Dibalik Malam Lailatul Qadar, Ada Hikmah Kemuliaan Malam Seribu Bulan

oleh -348 Dilihat

gapurapriangan.com  – Setiap umat muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa, dimana bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan. Ditambah pada bulan Ramadhan ada malam yang dirahasiakan namun berbagai hikmah penuh kemuliaan tersirat di dalamnya.

Diambil dari beberapa literasi, Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang selalu ditunggu dan diharapkan oleh umat muslim di setiap bulan Ramadan. Bukan tanpa alasan, malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam seribu bulan yaitu malam yang penuh kemuliaan. Di mana Allah akan memberikan rahmat kebaikan, ampunan yang luas, dan keselamatan bagi umat muslim dari siksa api neraka.

Dengan begitu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah di malam Lailatul Qadar. Mulai dari menunaikan shalat tarawih dan shalat malam lainnya, rajin membaca Al Quran, banyak berzikir atau beristighfar, bersedekah, hingga melakukan I’tikaf di masjid untuk mendapatkan keutamaannya. Beberapa amalan baik ini dapat membantu Anda mendapatkan keberkahan di malam Lailatul Qadar.

Biasanya umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan di sepuluh hari terakhir Ramadan. Namun sayangnya, tidak ada yang tahu pasti kapan malam Lailatul Qadar diturunkan oleh Allah. Ada yang berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada tanggal-tanggal ganjil. Ada pula ulama yang mengatakan malam Lailatul Qadar jatuh pada hari ke 27 bulan Ramadan.

Di balik hal ini, ternyata terdapat hikmah malam Lailatul Qadar yang dirahasiakan oleh Allah. Bahwa Allah tentu mempunyai maksud tersendiri mengapa menyembunyikan dan merahasiakan jatuhnya malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar juga ditandai dengan situasi langit yang bersih, udara yang tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak bukan, bintang tidak tampak di malam hari, dan matahari yang tidak begitu panas di siang hari. Dari beberapa definisi ini, dapat dipahami bahwa malam Lailatul Qadar merupakan malam yang istimewa dan malam pilihan dari banyak malam lainnya.

Adapun Hikmah dan Keutamaan Pada Malam Lailatul Qadar

Setelah mengetahui hikmah malam Lailatul Qadar yang dirahasiakan, terdapat berbagai keutamaan dan manfaat yang bisa didapatkan di malam penuh kemuliaan ini. Beberapa keutamaan malam Lailatul Qadar ini menjadi janji istimewa yang diberikan Allah kepada seluruh hambanya. Sehingga sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk mengerjakan berbagai amalan baik dan mengharap keberkahan dari malam Lailatul Qadar yang dijanjikan oleh Allah. Berikut adalah beberapa keutamaan malam Lailatul Qadar yang perlu diketahui :

  • Berbagai amalan baik yang dikerjakan di malam Lailatul Qadar akan dilipatgandakan pahalanya.
  • Allah akan memberikan pintu maaf dan ampunan seluas-luasnya bagi yang bertaubat kepada-Nya.
  • Malam Lailatul Qadar, Allah menurunkan malaikat-malaikat, termasuk malaikat Jibril untuk mengatur segala urusan, memberikan kedamaian dan kesejahteraan.
  • Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.
  • Malam Lailatul Qadar merupakan waktu di mana Al Quran diturunkan sebagai petunjuk manusia untuk membedakan yang hal dan yang batil.

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan malam Lailatul Qadar jatuh di bulan Ramadan. Ada yang berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada tanggal-tanggal ganjil. Ada pula ulama yang mengatakan malam Lailatul Qadar jatuh pada hari ke 27 bulan Ramadan. Dalam hal ini, Allah memang sengaja menyembunyikan atau merahasiakan kapan malam Lailatul Qadar diturunkan.

Namun di balik hal ini, terdapat hikmah malam Lailatul Qadar yang dirahasiakan oleh Allah. Terdapat ulama yang menyebutkan bahwa Allah sengaja merahasiakan malam Lailatul Qadar agar manusia berlomba-lomba mengerjakan amalan baik untuk memperoleh keberkahannya. Sehingga manusia dapat mengejar kebaikan tersebut tanpa memandang waktu maupun tempat tertentu.

Selain itu, ada pula pendapat yang menyebutkan bahwa malam Lailatul Qadar yang dirahasiakan oleh Allah agar manusia berusaha dengan bersungguh-sungguh dalam beribadah di seluruh malam di bulan Ramadan untuk meraih keagungan itu. Jika sudah ditentukan secara pasti bahwa malam Lailatul Qadar akan jatuh pada tanggal sekian, maka bisa jadi manusia hanya beribadah dengan sungguh-sungguh pada malam itu saja.

Sehingga dapat dipahami, bahwa malam lailatul Qadar yang tidak diketahui secara pasti ini menjadi kesempatan bagi umat manusia untuk melakukan ibadah dengan maksimal. Dengan begitu, manusia akan mendapatkan keutamaan dan keberkahan dari malam Lailatul Qadar yang dijanjikan oleh Allah. (**)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.