Hibur Masyarakat Secara Keliling Melalui Arak-Arakan Singa DeeNada, Pegiat Seni Sunda Berharap “Bupati Tasikmalaya Menaiki Singa DeeNada Kami”

oleh -71 Dilihat

gapurapriangan.com – Melihat arak-arakan sisingaan yang melintas di seputaran Jl. Sukaridik, Bungursari, Kota Tasikmalaya. Masyarakat sekitar antusias melihat pertunjukan  yang disuguhkan sekelompok pegiat seni budaya sunda.

Arak-arakan sisingaan yang dipimpin oleh Mas Adi Wijaya dan Teh Ende ini memiliki karakter yang berbeda namun tidak melunturkan seni buhunnya itu sendiri. Teh Ende yang mewakili kelompok seni menuturkan, “ kegiatan pagelaran seni arak-arakan Singa DeeNada berasal dari Kp. Datarwangi, Desa Setiawaras, Kabupaten Tasikmalaya.

Pagelaran Arak-arakan Sisingaan Keliling Mengibur Warga, Rabu (16/3/2022)

Disamping untuk memperoleh penghasilan memenuhi kebutuhan, ya kebetulan hobi saya sama seni, melihat kebudayaan saat ini yang tergerus oleh budaya luar, saya dan rekan yang lain berkeinginan untuk melestarikan seni budaya sunda khususnya,” tutur Ende.

“Awal mula terbentuk kesenian ini terinspirasi dari daerah Subang, kebetulan suami saya berasal dari Subang, nah melihat arak-arakan waktu itu sangat bagus, saya coba bersama teman yang lain membawakan arak-arakan sisingaan ke Kota Tasik, dan akhirnya Alhamdulillah bisa menghibur warga terutama pada acara sunatan maupun acara lainnya,” lanjut Ende.

Ada dua variasi seni yang biasa disuguhkan arak-arakan sisingaan DeeNada,  seni yang biasa disebut Seni Dogdog atau Kuda Lumping, yang ke dua musik Dangdut, rute arak-arakan menempuh jarak antara 5 s.d 10 km berkeliling, kemudian ke tempat lagi.

“ Saya senang sekali dapat mengibur dan berguna untuk warga melalui seni, saya pun berharap ke depan akan banyak lagi yang mengundang kami untuk mengadakan arak-arakan sisingaan, tambah lagi koleksinya, intinya ingin melestarikan budaya Sunda.

Kami siap mengisi acara apa pun, entah itu arak-arakan untuk acara pemilihan Kepala Desa, pemilihan anggota Dewan yang menang, untuk saat ini saya pun berharap mendapatkan undangan acara dari Bapak Bupati Tasikmalaya, dan berharap Bapak Bupati dapat menaiki sisingaan DeeNada kami,” harap Ende. (Y.W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.