Perhelatan Porprov XIV Jabar 2022, FAJI Kota Tasikmalaya Siapkan Atlet Berbakat

oleh -150 Dilihat

gapurapriangan.com – Kontingen dari Cabang Olahraga Arung Jeram akan tampil perdana di perhelatan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Sungai Cimanuk, tepatnya di Kampung Dangdeur, Patrol, Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada 12-19 Nopember mendatang.

Ketua Kontingen Cabang Olahraga (Cabor) Arung Jeram Kota Tasikmalaya Irwan Somantri mengungkapkan ada 13 atlet dan tiga official yang akan mendukung kelangsungan kelancaran gelaran Porprov XIV Jabar 2022.

“Ini kesempatan perdana kita tampil di kegiatan Porprov, dimana Porda tahun lalu kita tidak bisa ikut serta karena tidak melakukan proses Babak Kualifikasi yang diselenggarakan oleh Pengprov FAJI Jabar,” ungkapnya saat ditemui wartawan usai pelepasan kontingen di Gedung Sekretariat KONI Kota Tasikmalaya, Rabu (9/11/22) malam.

Walaupun atletnya akan tampil perdana dalam perhelatan Porprov, dirinya optimis para atlet asuhannya bisa meraih medali emas untuk mengharumkan nama Kota Tasikmalaya.

“Cerita tentang target itu kan harapan dan impian kita semua, pasti kami menginginkan medali emas diraih untuk Kota Tasikmalaya, kita lihat saja hasilnya nanti,” ucap Irwan yang akrab di sapa Cimot.

Cimot menambahkan sedikitnya ada tiga nomor lomba yang akan ditandingkan, diantaranya Down River Race (DRR), Sprint
dan nomor lomba Head to Head yang diikuti oleh tim putra dan tim putri serta mix putra dan putri.

Pada kesempatan tersebut Cimot meminta dan memohon doa dari seluruh warga Kota Tasikmalaya agar para atlet bisa bertanding maksimal. Cimot meyakini dengan persiapan yang dilakukan oleh timnya sejauh ini mampu bersaing dengan atlet luar daerah dan akan mempersembahkan yang terbaik.

Sementara itu mantan atlet dunia yang pernah meraih medali di kejuaraaan World Rafting Championship (WRC) 2013 Ai Sukma Siti Nurjanah mengungkapkan salah satu faktor yang wajib dimiliki oleh atlet arung jeram adalah mentalitas yang kuat dalam bertanding.

“Disamping skill, pengalaman saya mentalitas atletlah yang harus lebih diperkuat, ini akan kelihatan berpengaruh didalam peformance atlet sewaktu bertanding, kalau jalur lintasan tentunya setiap sungai memiliki morfologi sungai yang berbeda-beda serta bentukan jeram yang selalu berubah rubah,” terangnya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tasikmalaya H. Arip Surahman, SE saat acara pelepasan kontingen meminta kepada atlet dan oficial arung jeram untuk lebih percaya diri.

“Saya minta kepada seluruh atlet untuk tampil dengan percaya diri, sebab itu adalah salah satu kunci keberhasilan dari sebuah proses pertandingan,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut Arip meminta kepada seluruh untuk tetap menjaga kesehatan selama mengikuti perhelatan porprov, apalagi olahraga arung jeram ini merupakan salah satu cabang olahraga yang ekstrim, yang memerlukan konsentrasi dan tenaga yang besar. (Inr/Y.W)