Napak Tilas Kunjungi Makam Ibu Ratu Dewi Sumili, Waliyulloh Wanita Penyebar Agama Islam

oleh -2989 Dilihat

gapurapriangan.com – Dentingan waktu memutar peradaban dengan khiasan cahaya, hembusan angin, rintikan air hujan membawa kita ke alam fatamorgana. Bentuk syukur akan nikmat Sang Pencipta betapa luas anugerah yang telah diberikan.

Sepasang dua bola mata terhenti dan tertuju pada satu titik, salah satu bukti sejarah pernah mencatat adanya peradaban di tanah Galunggung. Tepatnya di daerah Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Tim Gapura Priangan mencoba berziarah atau napak tilas ke Makam Karomah Ibu Ratu Dewi Sumili, Jum’at (06/05/2022).

Ibu Ratu Dewi Sumili menurut keterangan kuncen adalah waliyulloh wanita yang menyebarkan agama Islam khususnya di pulau Jawa, mertuanya Syekh Mukhyi Pamijahan ini merupakan keturunan trah Galunggung yang lahir di Mesir. Di komplek pemakaman karomah tersebut, terdapat 2 makam putrinya serta para santrinya.

Tepat di depan makam Ibu Ratu Dewi Sumili terdapat petilasan tempat beliau mengaji Qur’an, pengunjung dapat menempuh jarak sekitar 20 km dari Kota Tasikmalaya dan bisa dilalui dari Singaparna ataupun dari arah Gunung Galunggung.

Disamping udaranya yang sejuk, sumber air yang berada di sekitar komplek pemakaman sangatlah dingin menyegarkan, hal ini pun terlihat dari subur makmurnya lahan tanah dan pesawahan yang ada sekitar menuju ke lokasi pemakaman.

“Banyak sekali pengunjung yang datang untuk berziarah baik dari Kabupaten Tasik maupun dari luar Kabupaten Tasik, sering kali pengunjung pun itikaf di Mesjid untuk berdzikir dan tawasul, apalagi menjelang hari besar umat Islam seperti Maulud, Rajab, Muharram,” sebut Ade Ajat salah satu penduduk setempat. (Red/Y.W)