Melalui Cabor Layar dan Selancar Angin, Andika Luthfi Suryana Putra Sumbang Medali Emas

oleh -493 Dilihat

gapurapriangan.com – Andika Luthfi Suryana Putra berhasil menambah pundi medali emas bagi Kontingen Kota Tasikmalaya dari Cabang Olahraga (Cabor) Layar dan Selancar Angin Kota Tasikmalaya di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022.

Andika Luthfi Suryana Putra atlet asuhan pelatih Asep Ali ini meraih medali emas di nomor lomba kelas Laser 4.7 putra setelah berhasil mengungguli pesaing beratnya dari Kota Bekasi Adhara Putra Pasha Nurjafrial.

Oficial Kontingen Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia Kota Tasikmalaya Agis Indrayana didampingi Asep Ali menyebut keberhasilan peraihan medali kontingen Kota Tasikmalaya ini merupakan hasil kerjasama tim yang solid.

“Alhamdulilah Porlasi Kota Tasikmalaya dengan bangga dapat membawa pulang satu medali emas,” ungkapnya usai upacara penyerahan medali kepada atlet, Kamis (17/11/2022) malam.

Selain Andhika yang meraih medali emas menurut Asep Ali mengatakan Tim Kontingen Porlasi Kota Tasikmalaya masih ada tujuh atlet andalannya yang meraih medali, diantaranya medali perak yang diraih oleh Ridwan Ramadan dan Nadya Silviana.

Di kelas RSX Putra kegigihan dan keuletan Ridwan Ramadan dalam mengendalikan layar berhasil menundukkan Adehan Robiansyah atlet dari Kabupaten Bekasi, sedangkan untuk posisi pertama Ridwan harus mengakui keunggulan Wina Fatwa atlet dari Kota Bandung.

Sedangkan di kelas RS One Putri Nadya Silviana harus mengakui skill lawan dari Siti Shaqina Salsabilah Azalia dari Kabupaten Bekasi disusul oleh Nola Septiani Ghofar dari Kabupaten Pangandaran.

Peraihan medali perunggu Kontingen Porlasi Kota Tasikmalaya memboyong lima perunggu atas nama atlet Ahalarik di Kelas RS One Putra, Gadis Kelas RS One Putri, Inayah kelas Laser 4.7 Putri, Dandy kelas Laser Radial Putra dan Fathur di Kelas Laser Standar Marathon).

Total jumlah medali yang diraih pada ajang Porprov XIV Jawa Barat di Pantai Pantai Barat Kabupaten Pangandaran ini sebanyak delapan medali, dengan demikian Kontingen Porlasi Kota Tasikmalaya menempati urutan kelima dari sepuluh Kota Kabupaten yang mengikuti Porprov.

Sementara itu Penasehat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tasikmalaya Brigjend Pol Erwin Chahara didampingi Ketua KONI Kota Tasikmalaya yang hadir saat upacara penutupan mengapresiasi keberhasilan yang di raih oleh Kontingen Porlasi Kota Tasikmalaya.

Selain itu apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan Erwin Chahara kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya, Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Pengurus KONI Kota Tasikmalaya.

“Saya bangga dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya bersama perangkat bidang olahraga yaitu Dispora dan KONI,”ungkapnya.

Erwin menambahkan efisiensi anggaran dan motivasi kuat Porlasi dapat menyuguhkan beberapa medali yang menjadi prestasi yang luar biasa padahal menurutnya apabila berkaca kepada beberapa kota kabupaten yang menggunakan dana yang besar tidak membuahkan hasil seperti Kontingen Porlasi Kota Tasikmalaya.

“Kota Tasikmalaya dengan anggaran secukupnya, tidak dikatakan kecil tetapi bisa membuat prestasi seperti ini. Saya sendiri melihat potensi yang dimiliki Cabor layar cukup bagus, satu saran dari saya, kita punya Situ Gede yang bisa digunakan untuk berlatih, sehingga proses pengkaderan dapat dilakukan secara berkelanjutan,” pungkas Erwin. (Inr/Y.W)