Kreatif!Pelajar SMAN 1 Tasikmalaya Suguhkan Peragaan Busana Berbahan Daur Ulang Sampah

oleh -220 Dilihat

gapurapriangan.com – Para pelajar SMAN 1 Tasikmalaya, Jawa Barat, menyuguhkan peragaan busana berbahan daur ulang sampah karung dan kertas dalam acara Galaxii Fest Jawa Barat (Jabar) di depan Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jumat (28/10/2022).

Busana mereka dibuat semenarik mungkin dan tak kalah dengan busana hasil desainer terkenal dan tidak tampak bahan aslinya dari daur ulang sampah.

Terlihat busana lainnya seperti gaun makan malam dan sebagiannya lagi terdapat busana dengan hiasan sayap berbahan plastik dan botol-botol bekas minuman instan.

“Ini hasil kreasi seni pembuatan busana murni dari anak-anak (pelajar SMAN 1 Tasikmalaya) yang bahannya dari sampah atau bahan daur ulang. Mulai dari karung goni, plastik dan kertas bekas lainnya,” jelas Guru Seni dan Budaya SMAN 1 Tasikmalaya, Yopi Samsul Arifin, kepada awak media di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jumat (28/10/2022).

Yopi menambahkan, busana sebagian besar berbahan utama karung goni bekas dan dibuat oleh para siswanya sesuai dengan model busana kekinian.

Busana pun dipercantik layaknya busana seorang putri dengan memakai sayap berbahan plastik dan kertas bekas.

“Kalau waktu pembuatannya ini sangat singkat dan memang khusus untuk mengikuti even ini. Alhamdulillah tadi menjadi sorotan saat penampilannya,” tambah Yopi.

Yopi pun tak mengira hasil kreasi seni busananya mendapatkan perhatian khusus dari Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat acara.

Uu menyebutkan, even bagi pelajar SMA dan SMK serta SLB dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya tersebut menjadi sarana ajang kreatifitas dan seni serta olahraga para pelajar. (Inr/Y.W)