Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah

oleh -429 Dilihat

gapurapriangan.com – Surat Al-Fatihah merupakan surat dalam kitab Alquran yang paling banyak dihafal oleh umat Islam karena surah ini wajib dibaca di dalam salat. Diriwayatkan oleh Bukhari, 756 dan Muslim, 394 dari Ubadah bin Somit radhiallahu anhu sesungguhnya Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Tidak (sah) shalat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (Al-Fatihah).”

An-Nawawi rahimahullah mengatakan, “Hadits ini (menunjukkan) kewajiban membaca Al-Fatihah dan itu merupakan keharusan. Salat tidak sah kecuali dengan membacanya. Lain halnya, jika orang tersebut tidak mampu. Ini adalah mazhab Malik, Syafii dan mayoritas para ulama dari kalangan para shahabat, tabiin dan (generasi) setelahnya.”

Bacaan Surat Al Fatihah

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

Pemilik hari pembalasan.

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَق يْم  ِ

Tunjukilah kami jalan yang lurus,

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Berikut Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah

Setelah mengetahui arti dan makna surat Al fatihah, baiknya kita juga memahami keutamaannya. Adapun keutamaan dari surat Al Fatihah tersebut yaitu sebagai berikut melansir dari brilio:

1.Memudahkan hajat

Membaca surat Al Fatihah dengan niat sesuai dengan apa yang diinginkan, maka Allah akan memudahkan hajatnya.

2.Sebagai obat

Surat Al-Fatihah dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Al-Fatihah menjadi kunci pembuka segalanya.

Dikutip dalam buku berjudul ‘Ruqyah Tadabbur Ayat Suci Alquran untuk Menyembuhkan Penyakit Kanker, Tumor dan Kista’ oleh H Fadhil Zainal Abidin BE dan Muhammad Vandestra mengutip surat Al Israak ayat 82, Allah SWT telah menegaskan bahwa ia telah menurunkan Alquran di dalamnya ada obat bagi berbagai macam penyakit.

“Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (Al Israak 82).

3.Sebagai ruqyah

Surat Al Fatihah merupakaan bacaan ruqyah yang sangat penting. Ruqyah adalah salah satu metode untuk mengeluarkan gangguan jin atau setan pada diri manusia.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah. Nabi bersabda bahwa tidak meruqyah seseorang, kecuali dengan membacakan Al Fatihah. Begitu istimewa surat ini maka surat ini memang dianjurkan untuk dibaca ketika sedang melakukan ruqyah.

4.Sebagai syarat sah salat

Surat ini masuk dalam rukun salat sehingga tidak ada salat tanpa Al Fatihah. Dan apabila seseorang tidak membaca surat Al Fatihah saat salat, maka salatnya dianggap tidak sah.

5. Melancarkan rezeki

Keutamaan surat Al Fatihah selanjutnya yakni dapat melancarkan rezeki. Dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak 20 kali setelah melaksanakan salat fardhu atau salat lima waktu, maka Allah akan membukakan pintu rezeki kepada seorang muslim yang membacanya.

6.Mendapatkan pahala seperti membaca sepertiga Al quran

Seorang muslim yang membaca dan mengamalkan surat Al Fatihah, maka Allah memberikannya pahala seperti halnya membaca sepertiga Alquran.

7.Dilindungi dari godaan setan yang terkutuk

Membaca surat Al Fatihah ketika hendak tidur dan diikuti dengan surat Al Falaq dan An Naas akan memberikan perlindungan kepada seseorang muslim dari godaan setan yang terkutuk saat tidur.

8.Sebagai doa meminta jodoh

Dengan membaca surat Al Fatihah setiap hari dengan hati yang tulus dan ikhlas kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Baqarah, maka Allah akan mendekatkan jodoh untuk seorang yang telah membaca surat tersebut.

9.Mendapatkan ampunan dosa

Seorang muslim yang rajin dan ikhlas membaca surat Al Fatihah, maka Allah akan memberikan ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

10.Menyelamatkan dari api neraka

Orang yang semasa hidupnya rutin membaca surat Al Fatihah, maka kelak di akhirat Allah akan menyelamatkan lidah orang tersebut dari panasnya api neraka

Pemaparan di atas merupakan keutaman dari pada kita membaca Surat Al-Fatihah, alangkah baiknya kita terapkan pada kehidupan sehari-hari dengan niat lurus kepada Allah SWT, agar senantiasa dalam menghadapi kehidupan penuh keberkahan. (***)