Kapolsek Singaparna Ikuti Giat Pelatihan Ketahanan Pangan Nabati Yang Diambil Dari Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2022

oleh -53 Dilihat
gapurapriangan.com – Pada hari Rabu siang kemarin, 07 Desember 2022,  bertempat Aula Kantor Desa Sukasukur  Kampung Sindangsari Rt  01 /01 Desa Sukasukur Kecamatan Mangunreja  Kab. Tasikmalaya.
Telah dilaksanakan kegiatan Penyaluran bibit dan sarana pendukung lainnya untuk program  Ketahanan Pangan Nabati yang dimbil dari anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2022.  dengan mengambil Tema ” Petani Subur Desa Sukasukur Makmur “.
Dalam pelaksanaan kegiatan  pelatihan tersebut di hadiri oleh, Kepala Desa Tata Raharja, Babinsa Desa Sukasukur Sertu Wawan, Babinkamtibmas Bripka Ali Zayyin A.H.
Pendamping Desa Sukasukur Hani Hadianti, SE,  BPP ( Balai Penyuluhan Pertanian ) Abdul Kholik. S. St , dan Ir. Agus, Ketua MUI Ali Nurdin, Ketua BPD Yaya Sunarya, Ketua LPM  Mahpudin, Peserta Pelatih dari masing – masing kelompok, dengan Jumlah undangan yang hadir sebanyak 51 Orang.
Adapun dalam Sambutan  dari kepala Desa beliau   mengatakan,” Pada Saat Ini kita akan melaksanakannya penyaluran ketahanan pangan Nabati dan pada bulan kemaren kita juga telah melaksanakan ketahanan pangan bid. Hewani, berupa peternakan domba Alhamdulillah untuk  peternakan domba sudah mulai berkembang, dan Insya Allah untuk pengecekan kepada peternak akan dilaksanakan secara berkala.
Diharapkan kerja sama antara pemerintah desa dan kelompok tani untuk  kemajuan program pembangunan terutama di Bidang ekonomi diwilayah Sukasukur.
Mudah-mudahan dengan adanya penyaluran yang akan disalurkan berupa bibit pertanian, Di bidang ketahanan khususnya Nabati dapat menjadi Nilai tambah terutama di bidang perekonomian yang ada di desa Sukasukur.” tambahnya.
Masih dikatakan kepala Desa, ” Dengan adanya  bantuan untuk ketahanan pangan ini yang akan disalurkan sekarang, bukanlah bantuan Cuma-Cuma, tetapi para KPM harus mempunyai tanggung jawab didalam pemeliharaan dan lain sebagainnya.
Adapun barang yang disalurkan ke kelompok Tani diantaranya,
– Bibit Cabe sebanyak 3 Pack
– Bibit Salada sebanyak 4 Pack
– Bibit Kangkung Darat  sebanyak 3 Kg
– Bibit Sawi Hijau  sebanyak 4 Pack
– Bibit Pakchoi sebanyak 4 Pack
-Bibit Tomat sebanyak 3 Pack
– Bibit Sawi Putih  sebanyak 4 Pack
– Bibit Terung Ungu  sebanyak 4 Pack
– Pupuk Organik sebanyak 2 Liter
– Pupuk Kandang Sebanyak 4 Karung
– Polybag 10 x15 Cm sebanyak 4 Kg
– Polybag 20 x 20 Cm sebanyak 4 Kg
– Polybag 30 x 40 Cm sebanyak 4 Kg.
“Dari tingkat Desa sudah  begitu memperhatikan hal perekonomian warga masyarakatnya, tinggal warga masyarakatnya itu sendiri untuk benar benar memanfaatkan sebaik baiknya kesempatan tersebut,  Serta amanah dan bertanggung jawab pada diri sendiri lingkungan serta pada pihak Desa,” Ungkap Kapolsek Singaparna AKP ASEP NURJAMAN. (Red/Hms)