Isi Peringatan Maulid Nabi dengan Guar Budaya Sajarah Kacibeureman

oleh -180 Dilihat

gapurapriangan.com – Acara yang digelar dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di Padumukan Saung Angon Paniisan Kang Erick Panca Situ Cibeureum ( Perum Taman Jaya indah B 64 Tamanjaya, Tamansari Kota Tasikmalaya), Sabtu 5 Nopember 2022.

Acara tersebut diselenggarakan oleh majlis Riyadhoh Mustika Puseur Buana Panca Situ Cibeureum, dimulai dengan acara Ziarah Napak Tilas Panca Situ di Makam Syekh Entol Panunggulan kemudian kembali ke lokasi Saung Angon Paniisan.

Acara dihadiri oleh para tokoh budaya dari Tasikmalaya juga dari luar kota seperti Ciamis, Banjar, Pangandaran dan beberapa kota lainnya diantaranya Uyut Sani, Ki Lanang, Ustad Udje, Ki Pancaroba, Abah Dede, Ki Sanca, Kang Irvan ( Ketua KWS Kota/Kab Tasikmalaya), Ustad Cecep, Abah Toto dll.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan, pembacaan ayat suci dan rajah bubuka. Kemudian sambutan dari para ulama, umaro serta dari para tokoh budaya/Jawara.

Pimpinan Majlis Riyadhoh Mustika Puseur Buana Panca Situ Cibeureum yaitu Kang Erick memaparkan bagaimana sejarah awal Syek Entol dalam syiar penyebaran agama Islam di Kota Tasikmalaya.

Kang Dera juga dalam penjelasannya menuturkan bahwa sejarah di Kota Tasikmalaya harus ada pelurusan sejarah terutama sejarah yang berkaitan dengan Situ Gede.

Dirangkai kemudian dengan acara Jamasan Pusaka yang dipimpin oleh Ustad Udje. Yang bertujuan selain membersihkan Pusaka para leluhur juga intinya membersihkan diri kita sendiri dari hawa nafsu.

Acara berakhir dengan pagelaran kesenian tradisional diantaranya pencak silat, Debus Ki Adja juga penampilan Bambu Gila dari Padepokan Silat Kota Banjar. (*/Red)