Jalin Kebersamaan Santri, Pondok Pesantren Cipasung Rayakan HUT RI Ke-75

oleh -183 Dilihat

Tasikmalaya, Di bulan Agustus ini, ada hari yang sangat bersejarah untuk bangsa Indonesia tepatnya tanggal 17 Agustus 2020 merupakan hari Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Bangsa sejuta pesona, bangsa yang memiliki berbagai suku, budaya maupun bahasa. Semuanya berlebur dalam satu ikatan dan perwujudan negara kesatuan. Kendati pun negara ini sedang dilanda dengan pandemi wabah covid-19 yang belum usai, akan tetapi bangsa ini tidak menyulutkan hasratnya untuk menyambut hari yang bersejarah tersebut. Termasuk para santri yang sedang menuntuk ilmu agama di pesantren mereka sangat terpanggil untuk menyambut dan merayakan hari kemerdekaan ini.

Sejarah perjuangan bangsa mencatat peran  kyai dan santri dalam ikut serta mewujudakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal ini pulalah yang menjadi bagian para santri Pondok Pesantren Cipasung, Komplek Pondok Pesantren, Jl. K.H. Ruhiat, RT.02/RW.07, Cipakat, Kec. Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat dalam menjalin kebersamaan melalui ajang perlombaan dalam menyambut HUT RI yang ke-75, jum’at, (21/08/2020). Sudah tidak asing lagi untuk rakyat Indonesia dengan resolusi jihad yang di cetuskan oleh Hadrotu Syeh KH. Hasim Asy’ari sebagai penyemangat untuk para pejuang kemerdekaan “Hubulwathom Minal Iman” yang artinya cinta tanah air sebagian dari pada iman.

Menurut rois asrama Al-Istiqomah putra Ust Nur Wahyudin, “Sebagai rasa cinta kita atas perjuangan para kyai, para pahlawan dan tanah air ini kita hanya bisa meneruskan perjuangannya dan menjaga tanah air ini jangan sampai di jajah kembali, NKRI harga mati. tak ada alasan siapa kita, dimana kita dalam keadaan apa pun kita  untuk memperingati dan merayakan hari yang bersejarah ini, akan tetapi kita harus ingat kita adalah bangsa ini, pewaris perjuangan, 75 tahun yang silam rakyat Indonesia berjuang untuk kemerdekaan saat ini, hidup kita dan berdirinya kita dalam upacara kemerdekaan, tetap tidak akan sebanding dengan perjuangan para pahlawan terdahulu, kegiatan perlombaan ini bukan semata-mata hanya untuk hura-hura saja akan tetapi ini sebagai rasa syukur kita atas kemerdekaan bangsa ini, menjaga kebersamaan, kekompakan dan keutuhan bangsa dengan rasa kebahagian bersama”.

Ketua Pelaksana perlombaan HUT RI ke 75 asrama Al Istiqomah putra, Rizki Al-Hasani mengatakan “kegiatan ini dimulai dari tanggal 8 Agustus sampai 20 Agustus 2020 dan dipisah antara perlombaan putra dan putri, sumua perlombaan kita lakukan diwaktu libur pengajian sehinga tidak mengganggu kegiatan mengaji di pesantren, adapun perlombaannya dalam kategori pendidikan ada MQK, MTQ, cerdas cermat, adzan, pidato, puisi kebangsaan, hapalan-hapalan dan kategori hiburan ada balap karung, panjat pinang, gebug bantal, ngubek balong, tidak itu saja kita juga mengadakan kajian kebangsaan dengan pemantik Ust. Muhammad Cecep Sopwan Habibie S.E selaku pembina asrama, dengan tema ASWAJA dalam Memperkokoh Ukhwah Wathoniyah dan terahhir di adakan nonton bareng film Sang Kyai”. Rizki pun berharap “semoga para santri lebih memperkokoh kebersamaan, memupuk kemandirian, memiliki semangat juang pengetahuan dan mampu menjadi suri tauladan dimasa yang akan datang sesuai slogan cipasung “Harapan Masan Depan Santri Mampu Membina Umat”.(Fauji)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.