Antusias Peringati HUT RI Ke-75, Siswa-Siswi SMK Al-Amin Sukaratu Ciptakan Produk Makanan Berbasis Ekonomi Kreatif

oleh -171 Dilihat

Tasikmalaya, Terlihat dari beberapa daerah memasuki peringatan HUT RI yang ke-75, gelar beberapa jenis perlombaan sebagai bentuk simbolis perjuangan, seperti halnya yang di adakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Amin Sukaratu beralamat di Kp. Kikisik Pencut Desa Gunungsari Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, perlombaan pembuatan produk kreatif antar kelas melalui beberapa regu dilakuakan sebagai bentuk pengembangan ekonomi kreatif guna meningkatkan kemandirian siswa-siswi.

Siswa-siswi SMK Al-amin sukaratu sangat antusias sekali mengikuti berbagai perlombaan, rabu (19/08/2020), salah satunya tentang pengembangan ekonomi kreatif yang mana siswa-siswi harus membuat aneka makanan yang inovatif dalam perlombaan kemudian produk tersebut dijual di lingkungan sekolah maupun masyarakat sekitar, ada yang membuat Brownis Monas, Pangsit Perancis, Bolu Salju, Keripik Berjambul dan lainnya. Semua makanan yang mereka tawarkan habis terjual, harga makanan olahan tersebut di jual mulai dari Rp.3000an.

Menurut ketua kelompok 2, Imas. Ia sangat senang sekali ketika ada program ekonomi kreatif, “ karena dengan adanya wadah ini, seluruh siswa dapat belajar mandiri dan bisa menyalurkan bakatnya sehingga mendapat penghasilan sendiri minimal untuk jajan”, terang Imas. Melihat antusias para siswa maupun siswi yang ikut dalam kontes ekonomi kreatif, Pembina Osis di sekolah diantaranya Elsa, Bela dan Ela sangat mengapresiasi sekali atas antusias dan hasil karya siswa-siswi yang sangat memuaskan padahal unit kegiatan Ekstra Kulikuler ini baru berdiri 1 bulan kebelakang, adapun kegiatan ekonomi kreatif ini pun semuannya dari iuran para siswa tanpa ada biaya dari lembaga.

Dok.

Ela menerangkan, “Kami pastikan kedepannya kegiatan ekonomi kreatif ini tidak hanya mengeluarkan produk makanan atau cemilan saja tapi juga dengan kerajianan tangan karena banyak sekali bakat-bakat yang belum tersalurkan, Insya allah pemasaran juga akan melalui media sosial supaya lebih luas jangkauannya, semoga hadirnya ekonomi kreatif ini bisa menjadi inspirasi bagi yang lain, melahirkan sikap kemandirian, kepercayaan dan bakat para siswa sehingga mereka mampu menghadapi tantangan jaman dengan kemampuan dan skill yang dimilikinya, kemudian tolak pengangguran dengan pengetahuan, keahlian dan kemandirian dengan ekonomi kreatif”. (Rls/Fauji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.