Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Pangandaran Dorong Minat Membaca Melalui Peningkatan Pelayanan Publik

oleh -423 Dilihat

gapurapriangan.com – Memasuki era digitalisasi yang serba memudahkan sistem akses pencarian informasi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran menyeimbangkan sistem dengan meningkatkan pelayanan publik. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan warga untuk mengakses berbagai informasi maupun buku bacaan.

Melihat situasi dan kondisi saat ini minat masyarakat dalam membaca buku cenderung lebih menurun ketimbang pada masa saat dimana teknologi masih dalam ruang terbatas. Dede Suci Sondari, S.Sos didampingi Rini Rosalia, S.IP, M.IP selaku Kabid. Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, saat dikunjungi awak media, Selasa, (14/03/2023, di ruang pelayanan dinas yang berlamat di Jl. Raya Cijulang Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran Melalui Dede Suci Sondari, S.Sos didampingi Rini Rosalia, S.IP, M.IP saat menerima kunjungan Kepsek SMK Al-Amin Sukaratu bersama rekan, Selasa (14/3/2023)

Dede Suci Sondari, menyebutkan peran serta perpustakaan daerah sangatlah penting dalam ikut serta membangun bangsa, dengan mengikuti perkembangan saat ini menyesuaikan melaui sistem digitalisasi dimana warga mana pun dapat menjadi anggota atau member perpustakaan melalui aplikasi perpustakaan digital iPangandaran Digital Library.

“Kami menyesuaikan kebutuhan publik dengan menyediakan bahan pustaka sebagai informasi kepada masyarakat melalui peningkatan layanan perpustakaan, dimana saat ini ada berbagai sarana yang disedikan apabila warga atau siapapun yang hendak berkunjung untuk membaca, dan bagi warga manapun dapat menjadi anggota melalui aplikasi perpustakaan digital iPangandaran, yang mana tersedia berbagai macam bacaan dan fitur lainnya,” ucap Suci panggilan akrabnya.

Dalam kesempatan itu terlihat kedatangan pengunjung saat hendak mengajukan surat permohonan kunjungan sekolah ke Dinas Perpustakaan dan Karsipan Kabupaten Pangandaran. Kedatangan SMK Al-Amin Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya diterima hangat pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran.

Saat ditemui, Imam Muslim, S.Pd.I, Kepala Sekolah SMK Al-Amin Sukaratu menyampaikan perihal kedatangannya ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tasikmalaya tak lain dalam program sekolah yang berencana di bulan Maret mendatang melaksanakan kunjungan instansi sebagai bahan perbandingan dalam penataan pembelajaran yang kebetulan merupakan jurusan Tata  Kelola Perkantoran.

“Rencana sekolah mengadakan kunjungan di bulan Maret mendatang, kami sengaja hari ini mengajukan permohonan ke dinas, sekalian melihat langsung keberadaan kantor yang menurut saya luar biasa, kami juga berterimakasih kedatangan kami disambut hangat dan baik, semoga kedatangan siswa-siswi kami nanti dapat berkesan dan menambah ilmu mereka,” pungkasnya. (Red/Rls/Y.W)