“Si Mawar” Bantu Genjot Ekonomi Warga Tangkil, Berawal Dari Industri Rumahan Kini Memiliki Beberapa Sentral Pengolahan Kerupuk

oleh -149 Dilihat

Ciamis, Berawal dari industri rumahan Mulyadi dengan Ihsan Sandra Alim memulai bisnis pengolahan dan penggorengan makanan ringan berupa kerupuk. Sekitar tahun 2013 usaha ini dirintis, walaupun kendala sering dijumpai tak menyulutkan mereka untuk terus berjuang. Inilah gambaran dalam meraih hasil diperlukan beberapa proses.

Ditemui tim Gapura Priangan, Selasa (01/09/2020) di salah satu tempat pengolahan dan penggorengan kerupuk “Si Mawar” di Dusun Tangkil Rt.18 Rw.06 Desa Panaragan Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Sulaeman selaku pengelola olahan yang dipercayakan tersebut menuturkan “Ada beberapa jenis kerupuk olahan yang menjadi produk unggulan, salah satunya kerupuk Mawar, racikan bumbu yang pas dengan selera pedas yang nyaman di lidah menjadi ciri khas dari kerupuk mawar ini”.

Sulaeman pun menjelaskan “Awal mulanya usaha ini berawal dari industri rumahan, kemudian berkembang, walaupun pertamanya sempat mengalami kerugian yang nominalnya lumayan, kini Alhamdulillah memiliki tempat olahan serupa di lima titik lokasi. Adapun pengiriman dan pemasarannya di beberapa wilayah lokal termasuk wilayah Jawa Timur seperti Sidoarjo, Surabaya, Malang dan Daerah lain di Jawa Timur. Sebelum dampak dari pandemi covid-19 terkadang pengiriman bisa sampai satu atau dua truk dalam seminggu tiga kali pengiriman, dan terkadang pengolahan dan penggorengan kerupuk mawar bisa sampai dau ton per hari”.

Usaha yang sekarang memiliki sekitar 250 pegawai ini, “kebanyakan dari para wanita, terkadang hasil dari penjualan tersebut disalurkan untuk kepentingan warga seperti misalnya bantuan khusus pembangunan mesjid berupa penyediaan bahan bangunan, dsb. Walapun saat ini penjualan belum dapat stabil akibat dari pandemi covid-19, dan berpengaruh terhadap roda perekonomian, namun kita senantiasa untuk terus berupaya meningkatkan kembali mutu produksi, termasuk menambah jenis makanan ringan yang lain, semoga ke depan perekonomian bangsa ini kembali pulih, dan terus berkembang sehingga kembali menghadirkan dan membantu warga dalam upaya meningkatkan taraf hidup ke arah yang lebih baik”, Pungkasnya. (Rls/Gery)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.