Ajak Generasi Muda Melirik Potensi Ikan Nila Guna Tingkatkan Produktifitas Perekonomian

oleh -159 Dilihat

gapurapriangan.com  – Dampak pandemi covid-19 sangat berpengaruh dalam berbagai aspek ekonomi, dengan cara bertahan menjadikan pemulihan ekonomi segera bangkit. Seperti halnya dengan salah satu peternak milenial asal Kp. Cihaji Kidul, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya. Irvan bersama kelompok Pajar Mandiri mengelola budidaya ikan nilai sebagai penopang pertumbuhan pemulihan ekonomi.

Budidaya perikanan ini adalah ide bisnis yang menggiurkan. Salah satunya adalah ide bisnis ikan nila yang memiliki banyak keuntungan. Bahkan secara finansial keuntungan tersebut mendapatkan puluhan ataupun ratusan juta. Irvan sebut ada beberapa alasan bagaimana budidaya ikan nila ini dilirik, antara lain :

1.Ikan Nila ini bisa dikonsumsi sehari hari dengan harga jual lebih tinggi dan juga menjadi favorit masyarakat

2.Persaingan pasar cukup rendah karena tak banyak dilirik tapi banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

3.Modal berjalan untuk pembelian bibit ikan tidak terlalu besar dan skala bisnis bisa disesuaikan dengan keadaan finansial.

4.Pengembangbiakan lebih mudah dan cenderung tahan dari penyakit

5.Permintaan lebih dikarenakan konsumen ikan nila berasal dari berbagai kalangan mulai dari ibu rumah tangga, industri skala rumahan, restoran, rumah makan, dan hotel berbintang.

“Demikian keuntungan jika kamu memiliki ide bisnis ikan nila, untuk memulainya kamu perlu melakukan berbagai langkah persiapan, persiapan paling awal adalah dengan menyiapkan kolam karena menjadi media penting yang akan menentukan kehidupan bibit ikan nila tersebut,” jelas Irvan.

Disamping itu saat ditemui disela kesibukannya, Kamis (11/8/2022), menerangkan hasil dari budidaya ikan yang digeluti menjadi acuan dan mengajak para generasi muda milenial dalam berbisnis. Adapun panen dari kelompok pajar dapat dirasakan dengan hasil yang lebih baik sehingga apabila masyarakat yang berkeinginan untuk budidaya ikan dapat memperhatikan pola untuk dapat diperdayakan atau dimaksimalkan tata cara pengelolaannya. Karena pada dasarnya  keyakinan  kita mau berusaha maka akan mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Lanjut Irvan, “kami pun mengajak ke masyarakat yang memiliki kolam dan kolam tersebut untuk budidaya ikan nila supaya bisa lebih produktif dan untuk tips nya kita jangan sampai ragu dan jangan sampai tidak memiliki keberanian dan berpikir kedepan otomatis kita mengelola ikan nila ini akan baik. Dan disaat teman-teman mau melangkah usaha perikanan atau usaha apapun satu kuncinya yaitu siap rugi kalau kita tidak siap rugi maka kita jangan berharap kita akan mendapatkan untung.

Untuk itu mari kita sama-sama mempersiapkan diri bagaimana kita berupaya memaksimalkan dan mendapatkan hasil yang lebih baik dan yang paling dirasakan masalah adalah pemberian pakannya, rata-rata masyarakat di kita budidaya ikan ini perhitungan dengan pakan, karena dengan budidaya ikan ini yang pertama saat kita memberikan pakan pada ikan secara maksimal dengan nilai nutrisi dan protein yang benar pula,” katanya.

Pengelolaan yang baik dan benar dapat berpengaruh dalamhasil yang akan kita dapat, “dan kita harus memikirkan debit air yang ada di dalam kolam tersebut kurang lebih 80cm, dan usahakan bisa sampai 1meter, sehingga kadar oksigen yang ada di air suhunya akan stabil, yang pasti berupaya berani merasakan, melihat, mendengarkan, dan kita pun harus siap melaksanakannya serta berupaya benar-benar bisa berhasi,” pungkasnya. (**/Red)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.