Aktifnya Kembali Stasiun Garut, Mengenang Kejayaan Transportasi Kereta Api Masa Lalu

oleh -105 Dilihat

gapurapriangan.com – Setelah kurang lebih sepekan diresmikan kembali pengoperasin Stasiun Kereta Api Garut, warga Garut kembali bergeliat memandang dan mengenang kejayaan transportasi ini pada masa lalu.

Peresmian Stasiun Garut juga menandai beroperasinya kembali jalur kereta api Garut-Cibatu setelah mati suri selama 40 tahun. Peresmian yang dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada kamis (24/3/2022) kemarin, setelah melewati serangkaian pengujian, Jalur KA Cibatu-Garut dan Stasiun Garut siap menemani perjalanan.

Adapun jalur ini membentang sepanjang 19,7 Km. Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya menyampaikan, “Stasiun yang baru saja diresmikan dan akan kembali beroperasi setelah non-aktif sekitar 40 tahun,” tulisnya.

Melansir suara.com, jalur kereta api Cibatu-Garut merupakan salah satu jalur bersejarah di Jawa Barat. Jalur itu kali pertama diresmikan pada 14 Agustus 1889 oleh Hindia Belanda. Setelahnya, dilakukan perpanjangan jalur menuju Cikajang, yang kemudian diresmikan operasionalnya pada 1 Agustus 1930.

Pada era Hindia Belanda, Stasiun Cibatu disebut sebagai stasiun primadona lantaran menjadi tempat pemberhentian wisatawan yang hendak ke Kabupaten Garut. Selain terbebas dari macet, naik kereta api ke Stasiun Garut juga memiliki sensasi tersendiri. Penumpangnya bakal disuguhi panorama pegunungan dan hijaunya pesawahan yang indah.

Komedian Charlie Chaplin tercatat pernah menginjakkan kakinya di sana pada 1927. Namun, pada 1983 jalur kereta Cibatu-Garut-Cikajang ditutup. Setelah sekitar 36 tahun mati, PT KAI memulai program reaktivasi jalur Cibatu-Garut pada 2019. Setelah lebih dari dua tahun program itu berjalan, sarana dan prasarana diklaim sudah siap

Stasiun Garut misalnya, sudah mengalami renovasi besar-besaran setelah lebih dari 30 tahun tak digunakan. Bangunan baru Stasiun Garut saat ini dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti masjid dan gedung perkantoran. Sementara bangunan asli stasiun tetap dipertahankan.

PT KAI rencananya akan mengoperasikan kereta api komersial relasi Stasiun Garut-Pasar Senen dan jadwal kereta api lainnya relasi Stasiun Garut, Bandung. dan Purwakarta. Hadirnya kembali Stasiun Garut ini ikut diharapkan sebagai sarana trasportasi khususnya warga Garut dalam menunjang proses pemulihan ekonomi. (*/Y.W)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.