Beberapa Tempat Wisata Religi Yang Perlu Dikunjungi Saat Berada di Ciamis

oleh -335 Dilihat

gapurapriangan.com – Dalam proses mensyiarkan agama Islam, khususnya di Jawa Barat banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah yang menjadi simbol kekuatan pada masanya. Termasuk syiar di tanah Priangan menjadi bukti peradaban pernah ada.

Salah satunya beberapa tempat untuk wisata religi ketika berada di Ciamis yang patut pengunjung kunjungi diambil dari beberapa sumber:

Masjid Agung Ciamis

Masjid Agung Ciamis dibangun pertama kali pada tahun 1882 oleh Bupati Galuh Raden Adipati Aria Koesoemadiningrat atau biasa dipanggil Kanjeng Dalem. Bangunan mesjid yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Mengalami beberapa kali renovasi. Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2002 oleh Bupati H Oma Samita. Renovasi tersebut merubah bentuk kubah yang semula hanya memiliki satu kubah, kemudian ditambah empat kubah yang lebih tinggi.

Situ Lengkong

Situ Lengkong merupakan suatu tempat wisata yang letaknya berada di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di dalam situ, terdapat makam Prabu Hariang atau Borosngora atau Sayid Ali Bin Muhammad bin Umar, seorang ulama penyebar agama Islam di wilayah Ciamis. Wisata ini menjadi populer lantaran pernah dikunjungi mantan Presiden Indonesia, Almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sehingga banyak wisatawan yang datang dari berbagai penjuru untuk berziarah sambil menikmati keindahan.

Masjid Baitul Huda 

Masjid Baitul Huda merupakan ikon religi bagi masyarakat Rajadesa yang terletak di Jalan Raya Rajadesa, Sirnabaya, Rajadesa, Kabupaten Ciamis bahkan Kabupaten Ciamis secara keseluruhan. Masjid ini mengambil konsep bangunan khas timur tengah. Menurut beberapa sumber, konon masjid mewah ini menelan biaya pembangunan hingga mencapai 3 milliar.

Makam Pemimpin Ciamis

Makam Raden Adipati Arya Kusumahdiningrat (Bupati Galuh 1839-1886), terdapat beberapa makam para pemimpin Ciamis pada masa lampau. Berikut diantaranya: Makam Raden Adipati Aria Pandji Jayanegara (1636-1678) di kompleks makam leluhur Ciwahangan. Makam Raden Tumenggung Wiradi Koesoemah (Bupati Galuh 1814-1819) di wilayah Cigadung. Dan makam Bupati Ciamis ke-16 Raden Adipati Aria Kusumadiningrat (1839-1886) di Jambansari, Kecamatan Ciamis.

Menjelang Ramadhan tak ayal beberapa warga senantiasa melakukan budaya munggahan, sempatkan berkunjung untuk wisata religi saat berada di Ciamis. (**)